Cara Membuat Blog Pribadi Untuk Pemula

Cara membuat blog pribadi di blogspot itu tidak sulit, namun kalian harus mengembangkan blog kalian agak sering dikunjungi. Seperti mempraktekan SEO, memperhatikan Keyword, dan mempromosikan di media sosial. Blog memang sangat penting karena memberikan informasi seperti mencari tugas sekolah, memberikan tutorial, memberikan berita, dan kategori blog lainnya Namun untuk membuat blog pribadi di blogspot itu sangat mudah dan bisa dipraktekan dalam beberapa langkah, di tutorial kali ini saya akan memberi tahapan dari mulai membuat blog, dan menulis di blog.

Sebelum membuat blog pribadi kalian sendiri, alangkah baiknya untuk mempersiapkan blog apa yang akan kita buat. Lalu kalian bisa memilih blog gratis atau berbayar, contoh penyedia blog gratis adalah Wordpress, Blogger, Tumblr, dan terakhir WyWapBlog. Dan contoh blog berbayar adalah membeli Hosting Dan Domain, contoh penyedia hosting dan domain adalah Niagahoster, Hostinger, Artamedia. Untuk Blog Berbayar, kalian harus menginstall CMS atau Content Management Service seperti Wordpress, Joomla. Nah setelah kalian memilih antara blog gratisan dan berbayar, setelah itu kalian harus mendesain logo untuk blog kalian, Logaster adalah tempat untuk membuat logo gratis dengan fitur yang lumayan. Atau bagi kalian yang jago desain grafis, bisa membuat logo blog dengan kreativitas kalian sendiri. Dan setelah itu, adalah tahapan cara membuat blog pribadi di blogspot. Mari simak tahapannya:

Baca Juga: Cara Mengatur Resolusi Layar Monitor Dengan Mudah

1. Buat Gmail Terlebih Dahulu


Fungsi dari gmail ini adalah untuk mendapatkan akses blogger karena blogger adalah milik Google. Gmail ini bukan hanya untuk membuat blog di blogspot, namun kalian juga bisa mengupload video ke Youtube, mengakses Google Drive, Dan Produk Google lainnya.

Setelah kalian mempunyai gmail ini, kalian sudah bisa mengakses blogger dengan mengunjungi www.blogger.com.

2. Login Ke Blogger


Setelah masuk ke web blogger, kalian isikan email tersebut dengan email yang sudah daftarkan tadi. Dan masukan password email kalian. Setelah itu tekan "Masuk" 


3. Membuat Blog Pribadi Kalian


Setelah selesai login, kalian tekan "Blog Baru" seperti di gambar.

Lalu kalian isikan nama blog dan alamat blog kalian seperti dan pilih template yang akan kalian pakai untuk blog pribadi gambar berikut.



4. Menulis Artikel Blogmu


Setelah selesai melakukan tahapan demi tahapan di atas, selanjutnya adalah menulis artikel untuk blog kamu. Caranya dengan menekan "Entri Baru" di tombol oranye tersebut. Lihat di gambar



Setelah terbuka laman baru, isi judul, isi artikel kamu, lalu beri label postingan. Nah isikan sesuai yang kamu inginkan. Untuk settingan, bisa kalian ulik sendiri agar kalian lebih mahir terjun ke dunia blogging.


Nah begitulah tahapan-tahapan cara membuat blog pribadi, artikel ini ditujukan untuk para pemula yang baru terjun di dunia blogging. Ya sekian dari BacaTutor untuk tutorial kali ini, Di artikel selanjutnya akan membahas tutorial Android. Happy Blogging !

Postingan terkait:

10 Tanggapan untuk "Cara Membuat Blog Pribadi Untuk Pemula"

  1. Caranya agak sedikit berubah ya sob gak kayak tahun tahun lalu :-)

    ReplyDelete
  2. ane coba gan, mau jadi blogger ane

    ReplyDelete
  3. bermanfaat banget ini buat pemula :D

    ReplyDelete
  4. Hihi jadi ostalgia inih, tekni tekninya. mantap beraaat gan

    ReplyDelete
  5. Siip ,. Nice Info gan,. emang masih banyak sih orang yg blm tau
    Main gan
    Hacanimedream,blogspot,com (Koma di ganti titik)
    Web tutor hacker^^^

    ReplyDelete
  6. bermanfaat banget ini bagi pemula yang baru mengenal blog

    ReplyDelete
  7. berguna ini buat yang mau mulai blog. buat materi ngajar deh disekolah..

    ReplyDelete
  8. Nice Thanks Gan, Ane mau buat blog lagi dari awal

    ReplyDelete